RSS

Masa Subur setelah Haid

28 Jun

Pantang Berkala atau lebih dikenal dengan sistem kalender merupakan salah satu cara/metode kontrasepsi sederhana yang dapat dikerjakan sendiri oleh pasangan suami istri dengan tidak melakukan sanggama pada masa subur. Metode ini efektif bila dilakukan secara baik dan benar. Dengan penggunaan sistem kalender setiap pasangan dimungkinkan dapat merencanakan setiap kehamilannya.

Sebelum menggunakan metode ini, tentunya pasangan suami istri harus mengetahui masa subur. Siklus masa subur pada tiap wanita tidak sama. Untuk itu perlu pengamatan minimal 6 kali siklus menstruasi. Berikut ini cara mengetahui dan menghitung masa subur :

Bila siklus haid teratur (28 hari) :

* Hari pertama dalam siklus haid dihitung sebagai hari ke-1
* Masa subur adalah hari ke-12 hingga hari ke- 16 dalam siklus haid

Contoh :
Seorang isteri mendapat haid mulai tanggal 9 Januari. Tanggal 9 Januari ini dihitung sebagai hari ke-1. Maka hari ke-12 jatuh pada tanggal 20 januari dan hari ke 16 jatuh pada tanggal 24 Januari. Jadi masa subur yaitu sejak tanggal 20 Januari hingga tanggal 24 Januari. Pada tanggal-tanggal tersebut suami isteri tidak boleh bersanggama. Jika ingin bersanggama harus memakai kondom atau sanggama terputus (bisa dilihat di artikel tentang sanggama terputus).

Bila siklus haid tidak teratur :

* Catat jumlah hari dalam satu siklus haid selama 6 bulan (6 siklus). Satu siklus haid dihitung mulai dari hari pertama haid saat ini hingga hari pertama haid berikutnya.
* Jumlah hari terpendek dalam 6 kali siklus haid dikurangi 18. Hitungan ini menentukan hari pertama masa subur. Jumlah hari terpanjang selama 6 siklus haid dikurangi 11. Hitungan ini menentukan hari terakhir masa subur.
* RUmus

Hari pertama masa subur = Jumlah hari terpendek – 18

Hari terakhir masa subur = Jumlah hari terpanjang – 11

Contoh :

Seorang isteri mendapat haid dengan keadaan : siklus terpendek 26 hari dan siklus terpanjang 32 hari (mulai hari pertama haid sampai haid berikutnya)

Perhitungannya : 26-18 = 8 dan 32–11 = 21. jadi masa suburnya adalah mulai hari ke-8 sampai ke 21 dari hari pertama haid. Pada masa ini suami isteri tidak boleh bersanggama. Jila ingin bersanggama harus memakai kondom atau sanggama terputus.
Kontrasepsi dengan menggunakan sistem kalender dapat menghindari risiko kesehatan yang berhubungan dengan kontrasepsi. Bagi keluarga yang kesulitan untuk mendapatkan alat kontrasepsi sangat cocok untuk menggunakan metode kontrasepsi ini selain tidak memerlukan biaya juga tidak perlu mencari tempat pelayanan kontrasepsi.

Menggunakan sistem kalender perlu kerjasama yang baik antara suami istri karena metode ini perlu kemauan dan disiplin pasangan dalam menjalankannya. Masa berpantang yang cukup lama akan mengakibatkan pasangan tidak bisa menanti sehingga melakukan hubungan pada waktu masih berpantang. Tapi bukan masalah bila saja pasangan membiasakan menggunakan kondom pada saat subur.

Sumber :
pikas.bkkbn.go.id/gemapria/article-detail.php?artid=30

About these ads
 
10 Comments

Posted by on June 28, 2008 in sex

 

10 responses to “Masa Subur setelah Haid

  1. soy

    January 7, 2010 at 2:46 am

    istri sya biasa haid tanggal 4.berarti nasa suburnya skitar tanggal 15-19 kan?tapi kita berhubungan intim pada tanggal 30 desember 2009 dan sampai sekarang(7 januari 2010) belum haid.setelah dites kata istri saya dia hamil.bagaimana bisa terjadi seperti itu?????apakah ini keajaiban atau bagaimana????

     
  2. idan

    November 29, 2010 at 8:57 am

    Masa subur berlangsung sekitar tiga hari. Tapi, bukan berarti di luar masa itu, wanita tidak mungkin hamil. Masa subur adalah waktu terbaik untuk terjadinya pembuahan. Jadi, di luar masa subur tidak menutup kemungkinan wanita hamil. Apalagi dalam kondisi prima, sperma pria sanggup bertahan selama tujuh hari di rahim wanita.

     
  3. heri haryadi

    January 11, 2011 at 7:53 am

    istri saya tanggal 11 januari 2011 datang bulan berarti kapan saatnya masa subur agar dapat dikaruniai anak ke -2. sedangkan 3 bulan kebelakang haidnya tidak teratur setelah copot spiral. kadang2 hanya 2 hari saja haidnya. apa kah dapat mempengaruhi untuk kehamilan?

     
  4. uswatun hasanah

    February 5, 2011 at 10:37 am

    saya sudah nikah 3 bulan tp blum di karuniai anak
    saya sulit untuk mengitung masa subur.
    saya haid tgl 9 atau 10.
    pertanyaan saya tgl berapa masa subur saya?

     
  5. dewi

    February 6, 2011 at 9:36 am

    saya wanita umur 29,haid tgl 3,kapan masa suburnya tks

     
  6. niken49

    March 20, 2011 at 3:17 am

    mau tanya ni….
    aku menstruasi terakhir tanggal 3 maret,dan kemaren saya melakukan hubungan dengan suami,apakah ada kemungkinan hubungan itu bakal jadi anak?
    tolong dibalas.
    makasih.

     
  7. wahyudiani

    May 23, 2011 at 12:34 pm

    bagaimana kalo kemaren selesai haid besok paginya bersenggama apakah itu bisa hamil dan apakah itu masa subur….

     
  8. wahyudiani

    May 23, 2011 at 12:36 pm

    pertanyaan saya..
    apakah masa subur itu bisa 1 hari setelah qt selesai haid

    terima kasih

     
  9. kurniawati

    September 3, 2012 at 5:31 am

    mba saya menstuasi tgl 26 dan selasai menstuasi saya tgl 2 trus saya melakukan hubungan intim tgl 3 apakah saya bisa hamil mba….mohon jawabnya

     
  10. yuli

    December 7, 2012 at 4:49 am

    saya haid tgl 24/25 november, dan slsai tgl 1 desember.
    berarti kapan masa subur saya?

     

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: