RSS

Percobaan dengan AT89S51

19 Jul


DISPLAY 7 SEGMEN

(a)

(b)

Tabel 3.1. Tabel kebenaran 74LS138

INPUT SELECTOR
ENABLE
OUTPUT
C
B
A
G1
/G2A
/G2B
Y1
Y2
Y2
Y3
Y4
Y5
Y6
Y7
0
0
0
1
0
0
0 1 1 1 1 1 1 1
0
0
1
1
0
0
1 0 1 1 1 1 1 1
0
1
0
1
0
0
1 1 0 1 1 1 1 1
0
1
1
1
0
0
1 1 1 0 1 1 1 1
1
0
0
1
0
0
1 1 1 1 0 1 1 1
1
0
1
1
0
0
1 1 1 1 1 0 1 1
1
1
0
1
0
0
1 1 1 1 1 1 0 1
1
1
1
1
0
0
1 1 1 1 1 1 1 0

Pada tabel kebenaran tersebut tampak bahwa seven segmen yang hidup tergantung pada output dari dekoder 74LS138, yang sedang mengeluarkan logika low ”0”, sehingga dari 8 buah display tersebut, selalu hanya satu display yang akan dihidupkan. Agar display tampak nyala secara bersamaan maka ketiga display tersebut harus dihidupkan secara bergantian dengan waktu tunda tertentu.
Pada gambar tersebut seven segment commont anoda dikendalikan dengan menggunakan transistor PNP melalui decoder 74LS138, apabila ada logika low pada basis transistor, maka 7 segment akan nyala dan sebaliknya akan padam.

Tabel 3.2. Data Display 7 Segmen

P0.6
P0.5
P0.4
P0.3
P0.2
P0.1
P0.0
Display
g
f
e
d
c
b
a
1
0
0
0
0
0
0
0
1
1
1
1
0
0
1
1
0
1
0
0
1
0
0
2
0
1
1
0
0
0
0
3
:
:
:
:
:
:
:
:
0
0
0
1
0
0
0
A
0
0
0
0
0
1
1
b

Pada tabel tersebut tampak bahwa untuk menghidupkan sebuah segmen, harus dikirimkan data logika low ”0” dan sebaliknya untuk mematikan segmen, harus dikirimkan data logika high ”1”.

<!–
ch_client = “online2006”;
ch_type = “mpu”;
ch_width = 468;
ch_height = 180;
ch_non_contextual = 1;
ch_vertical =”simple”;
ch_default_category = “96394”;
var ch_queries = new Array( );
var ch_selected=Math.floor((Math.random()*ch_queries.length));
if ( ch_selected < ch_queries.length ) {
ch_query = ch_queries[ch_selected];
}
//–>

Percobaan 3.1. Tulis Sebuah Karakter pada 7 Segmen ( Display 1 )

Pada percobaan ini, karakter ‘A’ akan ditampilkan pada 7 Segmen Display 1
Untuk melakukan percobaan ini lakukan beberapa langkah sebagai berikut:
1. Hubungkan jumper 7Segmen_EN, untuk mengaktifkan Decoder 74LS138
2. Hubungkan modul Microcontroller Trainer dengan power supply +5V
3. Hubungkan modul Microcontroller Trainer dengan rangkaian programmer
4. Buka Program M-IDE Studio for MCS-51, sebagai editor dan compiler program
5. Ketik program berikut ini: (download file prog31a.asm)

           org 0h
start: clr P3.5                       ; P3.5 = ‘0’
           clr P3.6                       ; P3.6 = ‘0’
           clr P3.7                       ; P3.7 = ‘0’
           mov P0,#10001000b ; Cetak Karakter 'A'
           sjmp start                    ; Lompat ke start
end

6. Simpanlah program yang anda ketik dan beri nama : prog31a.asm
7. Pada program MIDE tersebut pilih Build /F9 atau untuk melakukan kompilasi program dari *.asm ke *.hex.
8. Lakukan pemrograman mikrokontroller dengan menggunakan Program ISP Software ( Lihat Petunjuk Penggunaan)
9. Lakukan pengamatan pada LED.
10.Lakukan modifikasi pada program tersebut untuk mencetak karakter lain, sesuai tabel:

Nama Karakter
Posisi Display
C
Display 2
E
Display 5
3
Display 8

Percobaan 3.2. Tulis Tiga Karakter pada 7 Segmen

Pada percobaan ini, karakter ‘AbC’ akan ditampilkan pada 7 Segmen Display 1, Display 2 dan Display 3 secara berturutan
Untuk melakukan percobaan ini lakukan beberapa langkah sebagai berikut:
1. Hubungkan jumper 7Segmen_EN, untuk mengaktifkan Decoder 74LS138
2. Hubungkan modul Microcontroller Trainer dengan power supply +5V
3. Hubungkan modul Microcontroller Trainer dengan rangkaian programmer
4. Buka Program M-IDE Studio for MCS-51, sebagai editor dan compiler program
5. Ketik program berikut ini: (download file prog32a.asm)

org 0h
start: clr P3.5 ; P3.5 = '0'
           clr P3.6 ; P3.6 = '0'
           clr P3.7 ; P3.7 = '0'
           mov P0, #10001000b ; Cetak Karakter 'A'
           call delay ; Panggil Waktu Tunda
           ;
           setb P3.5 ; P3.5 = '1'
           clr P3.6 ; P3.6 = '0'
           clr P3.7 ; P3.7 = '0'
           mov P0,#10000011b ; Cetak Karakter 'b'
           call delay ; Panggil Waktu Tunda
           ;
           clr P3.5 ; P3.5 = '0'
           setb P3.6 ; P3.6 = '1'
           clr P3.7 ; P3.7 = '0'
           mov P0,#11000110b ; Cetak Karakter 'C'
           call delay ; Panggil Waktu Tunda
           ;
           sjmp start ; Lompat ke start
;=============================================
;subroutine delay created to rise delay time
 ;=============================================
delay: mov R1,#25
del1: mov R2,#25
del2: djnz R2,del2
           djnz R1,del1
           ret
           end 

6. Simpanlah program yang anda ketik dan beri nama : prog32a.asm
7. Pada program MIDE tersebut pilih Build /F9 atau untuk melakukan kompilasi program dari *.asm ke *.hex.
8. Lakukan pemrograman mikrokontroller dengan menggunakan Program ISP Software ( Lihat Petunjuk Penggunaan)
9. Lakukan pengamatan pada LED.
10.Lakukan modifikasi pada program tersebut untuk mencetak karakter lain, sesuai tabel:

Nama Karakter
Posisi Display
EFG
Display 1, Display 2, Display 3
HJL
Display 3, Display 4, Display 5
1A3
Display 6, Display 7, Display 8

Percobaan 3.3. Tulis 8 Karakter pada 7 Segmen

Pada percobaan ini, karakter ‘12345678’ akan ditampilkan pada 7 Segmen Display 1, Display 2 dan Display 3 s/d Display 8 secara berturutan :
Untuk melakukan percobaan ini lakukan beberapa langkah sebagai berikut:
1. Hubungkan jumper 7Segmen_EN, untuk mengaktifkan Decoder 74LS138
2. Hubungkan modul Microcontroller Trainer dengan power supply +5V
3. Hubungkan modul Microcontroller Trainer dengan rangkaian programmer
4. Buka Program M-IDE Studio for MCS-51, sebagai editor dan compiler program
5. Ketik program berikut ini: (download file prog33a.asm)

org 0h
start: clr P3.5
           clr P3.6
           clr P3.7
           mov P0,#11111001b ; Cetak Karakter '1'
           call delay
           ;
           setb P3.5
           clr P3.6
           clr P3.7
           mov P0,#10100100b ; Cetak Karakter '2'
           call delay
           ;
           clr P3.5 ;
           setb P3.6
           clr P3.7
           mov P0,#10110000b ; Cetak Karakter '3'
           call delay
           ;
           setb P3.5
           setb P3.6
           clr P3.7
           mov P0,#10011001b ; Cetak Karakter '4'
           call delay
           ;

           clr P3.5
           clr P3.6
           setb P3.7
           mov P0,#10010010b ; Cetak Karakter '5'
           call delay
           ;
           setb P3.5
           clr P3.6
           setb P3.7
           mov P0,#10000010b ; Cetak Karakter '6'
           call delay
           ;
           clr P3.5
           setb P3.6
           setb P3.7
           mov P0,#11111000b ; Cetak Karakter '7'
           call delay
           ;
           setb P3.5
           setb P3.6
           setb P3.7
           mov P0,#10000000b ; Cetak Karakter '8'
           call delay
           ;
           sjmp start ; Lompat ke Start
;=============================
;subroutine delay created to rise delay time
;=============================
delay: mov R1,#25
del1: mov R2,#25
 del2: djnz R2,del2
           djnz R1,del1
           ret
           end

6. Simpanlah program yang anda ketik dan beri nama : prog33a.asm
7. Pada program MIDE tersebut pilih Build /F9 atau untuk melakukan kompilasi program dari *.asm ke *.hex.
8. Lakukan pemrograman mikrokontroller dengan menggunakan Program ISP Software ( Lihat Petunjuk Penggunaan)
9. Lakukan pengamatan pada 7 Segmen.
10. Lakukan modifikasi pada program tersebut untuk mencetak karakter lain, sesuai tabel:

Nama Karakter
Posisi Display
LAbMIkro
HAlloguy
YournAme

Percobaan 3.4. Setting Up/ Dn dan Enter dengan Display ke 7 Segmen.

Pada percobaan ini, akan dibuat suatu simulasi setting UP (P2.1)/ DN (P2.2) dan penekanan tombol Enter (P2.0), dan di displaykan ke display 7 Segmen. Data display akan bertambah dari 00 s/d 99 atau berkurang dari 99 s/d 00, sesuai dengan penekanan pada tombol UP/ DN.Bila ditekan tombol Enter, maka tombol UP/ DN tidak akan berfungsi lagi.

Untuk melakukan percobaan ini lakukan beberapa langkah sebagai berikut:
1. Hubungkan jumper 7Segmen_EN, untuk mengaktifkan Decoder 74LS138
2. Hubungkan modul Microcontroller Trainer dengan power supply +5V
3. Hubungkan modul Microcontroller Trainer dengan rangkaian programmer
4. Buka Program M-IDE Studio for MCS-51, sebagai editor dan compiler program (download file prog34a.asm)

5. Ketik program berikut ini:

Org 0h
           ratusan equ 30h
           puluhan equ 31h
           satuan equ 32h
           ;
start:
           mov R7,#1              ;inisialisasi data setting
Setup: mov A,R7              ;simpan data R7 ke A
           call bin2dec
           call display2sevensegmen
           jnb p2.0,getout      ;bila sw1(P2.0) ditekan mk getout(selesai)
           jb P2.1,SetDn       ;bila sw2(P2.1) ditekan mk INC R7
           inc R7                    ;R7:=R7+1
           acall delay             ;waktu tunda lama penekanan tombol
           cjne R7,#100d,setup;deteksi apakah setting=100d
           mov R7,#1             ;reset R7 -> 1
           sjmp Setup
           ;
 SetDn: Mov A,R7          ;simpan data R7 ke A
           call bin2dec
           call display2sevensegmen
           jnb P2.0,getout     ;bila sw1(P2.0) ditekan mk getout(selesai)
           jb p2.2,Setup         ;bila sw2(P2.1) ditekan mk INC R7
           dec R7                    ;R7:=R7-1
           acall delay             ;waktu tunda lama penekanan tombol
           cjne R7,#0d,setDn;deteksi apakah setting=0d
           mov R7,#99d        ;reset R7 -> 99
           sjmp Setdn
getout: sjmp getout
           ;
Display2SevenSegmen:
           mov A,puluhan
           mov DPTR,#Data7segmen
           movc A,@A+DPTR
           mov P0,A
           clr P3.5 ;
           Setb P3.6
           Setb P3.7
           call delay
           ;
           mov A,satuan
           mov DPTR,#Data7segmen
           movc A,@A+DPTR
           mov P0,A
           Setb P3.5 ;
           Setb P3.6
           Setb P3.7
           call delay
           ret
           ;
Bin2Dec:
           mov b,#100d
           div ab
           mov ratusan,a
           mov a,b
           mov b,#10d
           div ab
           mov puluhan,a
           mov satuan,b
           ret
           ;
delay: mov R0,#0
delay1:mov R2,#0fh
           djnz R2,$
           djnz R0,delay1
           ret
           ;
Data7segmen:
           db 11000000b,11111001b,10100100b,10110000b,10011001b
           db 10010010b,10000010b,11111000b,10000000b,10010000b
           end

6. Simpanlah program yang anda ketik dan beri nama : prog34a.asm
7. Pada program MIDE tersebut pilih Build /F9 atau untuk melakukan kompilasi program dari *.asm ke *.hex.
8. Lakukan pemrograman mikrokontroller dengan menggunakan Program ISP Software ( Lihat Petunjuk Penggunaan)
9. Lakukan pengamatan pada 7 Segmen.

LCD KARAKTER

Gambar 4.1. Rangkaian interface ke LCD Karakter 2 x16

Modul LCD Character dapat dengan mudah dihubungkan dengan mikrokontroller seperti AT89S51. LCD yang akan kita praktikumkan ini mempunyai lebar display 2 baris 16 kolom atau biasa disebut sebagai LCD Character 2×16, dengan 16 pin konektor, yang didifinisikan sebagai berikut:

Gambar 4.2. Modul LCD Karakter 2×16

            Tabel 1.1 Pin dan Fungsi
          
PIN
Name
Function
1
VSS
Ground voltage
2
VCC
+5V
3
VEE
Contrast voltage
4
RS
Register Select
0 = Instruction Register
1 = Data Register
5
R/W
Read/ Write, to choose write or read mode
0 = write mode
1 = read mode
6
E
Enable
0 = start to lacht data to LCD character
1= disable
7
DB0
LSB
8
DB1
9
DB2
10
DB3
11
DB4
12
DB5
13
DB6
14
DB7
MSB
15
BPL
Back Plane Light
16
GND
Ground voltage

Display karakter pada LCD diatur oleh pin EN, RS dan RW:
Jalur EN dinamakan Enable. Jalur ini digunakan untuk memberitahu LCD bahwa anda sedang mengirimkan sebuah data. Untuk mengirimkan data ke LCD, maka melalui program EN harus dibuat logika low “0” dan set pada dua jalur kontrol yang lain RS dan RW. Ketika dua jalur yang lain telah siap, set EN dengan logika “1” dan tunggu untuk sejumlah waktu tertentu ( sesuai dengan datasheet dari LCD tersebut ) dan berikutnya set EN ke logika low “0” lagi.
Jalur RS adalah jalur Register Select. Ketika RS berlogika low “0”, data akan dianggap sebagi sebua perintah atau instruksi khusus ( seperti clear screen, posisi kursor dll ). Ketika RS berlogika high “1”, data yang dikirim adalah data text yang akan ditampilkan pada display LCD. Sebagai contoh, untuk menampilkan huruf “T” pada layar LCD maka RS harus diset logika high “1”.
Jalur RW adalah jalur kontrol Read/ Write. Ketika RW berlogika low (0), maka informasi pada bus data akan dituliskan pada layar LCD. Ketika RW berlogika high ”1”, maka program akan melakukan pembacaan memori dari LCD. Sedangkan pada aplikasi umum pin RW selalu diberi logika low ”0”.
Pada akhirnya, bus data terdiri dari 4 atau 8 jalur ( bergantung pada mode operasi yang dipilih oleh user ). Pada kasus bus data 8 bit, jalur diacukan sebagai DB0 s/d DB7
Beberapa perintah dasar yang harus dipahami adalah inisialisasi LCD Character,

Function Set
Mengatur interface lebar data, jumlah dari baris dan ukuran font karakter

RS
R/W
DB7
DB6
DB5
DB4
DB3
DB2
DB1
DB0
0
0
0
0
1
DL
N
F
X
X

CATATAN:
X : Don’t care
DL: Mengatur lebar data
DL=1, Lebar data interface 8 bit ( DB7 s/d DB0)
DL=0, Lebar data interface 4 bit ( DB7 s/d DB4)
Ketika menggunakan lebar data 4 bit, data harus dikirimkan dua kali
N: Pengaktivan baris
N=0, 1 baris
N=1, 2 baris
F: Penentuan ukuran font karakter
F=0, 5×7
F=1, 5×8

Entry Mode Set
Mengatur increment/ decrement dan mode geser

RS
R/W
DB7
DB6
DB5
DB4
DB3
DB2
DB1
DB0
0
0
0
0
0
0
0
1
I/D
S

Catatan:
I/D: Increment/ decrement dari alamat DDRAM dengan 1 ketika kode karakter dituliskan ke DDRAM.
I/D = “0”, decrement
I/D= “1”, increment
S: Geser keseluruhan display kekanan dan kekiri
S=1, geser kekiri atau kekanan bergantung pada I/D
S=0, display tidak bergeser

Display On/ Off Cursor
Mengatur status display ON atau OFF, cursor ON/ OFF dan fungsi Cursor Blink

RS
R/W
DB7
DB6
DB5
DB4
DB3
DB2
DB1
DB0
0
0
0
0
0
0
1
D
C
B

D : Mengatur display
D = 1, Display is ON
D = 0, Display is OFF

Pada kasus ini data display masih tetap berada di DDRAM, dan dapat ditampilkan kembali secara langsung dengan mengatur D=1.

C : Menampilkan kursor
C = 1, kursor ditampilkan
C = 0, kursor tidak ditampilkan
B : Karakter ditunjukkan dengan kursor yang berkedip
B=1, kursor blink

Clear Display
Perintah ini hapus layar

RS
R/W
DB7
DB6
DB5
DB4
DB3
DB2
DB1
DB0
0
0
0
0
0
0
0
0
0
1

Geser Kursor dan Display
Geser posisi kursor atau display ke kanan atau kekiri tanpa menulis atau baca data display. Fungsi ini digunakan untuk koreksi atau pencarian display

RS
R/W
DB7
DB6
DB5
DB4
DB3
DB2
DB1
DB0
0
0
0
0
0
1
S/C
R/L
X
X

Catatan : x = Dont care

S/C
R/L
Note
0
0
Shift cursor position to the left
0
1
Shift cursor position to the right
1
0
Shift the entire display to the left
1
1
Shift the entire display to the right

POSISI KURSOR
Modul LCD terdiri dari sejumlah memory yang digunakan untuk display. Semua teks yang kita tuliskan ke modul LCD adalah disimpan didalam memory ini, dan modul LCD secara berturutan membaca memory ini untuk menampilkan teks ke modul LCD itu sendiri.

Pada peta memori tersebut, daerah yang berwarna biru ( 00 s/d 0F dan 40 s/d 4F ) adalah display yang tampak. Sebagaimanan yang anda lihat, jumlahnya sebanyak 16 karakter per baris dengan dua baris. Angka pada setiap kotak adalah alamat memori yang bersesuaian dengan posisi dari layar. Demikianlah karakter pertama di sudut kiri atas adalah menempati alamah 00h. Posisi karakter berikutnya adalah alamat 01h dan seterusnya.
Akan tetapi, karakter pertama dari baris 2 sebagaimana yang ditunjukkan pada peta memori adalah pada alamat 40h. Dimikianlah kita perlu untuk mengirim sebuah perintah ke LCD untuk mangatur letak posisi kursor pada baris dan kolom tertentu. Instruksi Set Posisi Kursor adalah 80h. Untuk ini kita perlu menambahkan alamat lokasi dimana kita berharap untuk menempatkan kursor.Sebagai contoh, kita ingin menampilkan kata ”World” pada baris ke dua pada posisi kolom ke sepuluh. Sesuai peta memori, posisi karakter pada kolom 11 dari baris ke dua, mempunyai alamat 4Ah, sehingga sebelum kita tulis kata ”World” pada LCD, kita harus mengirim instruksi set posisi kursor, dan perintah untuk instruksi ini adalah 80h ditambah dengan alamat 80h+4Ah =0Cah. Sehingga dengan mengirim perintah Cah ke LCD, akan menempatkan kursor pada baris kedua dan kolom ke 11 dari DDRAM.

Set Alamat Memori DDRAM

RS
R/W
DB7
DB6
DB5
DB4
DB3
DB2
DB1
DB0
0
0
1
A
A
A
A
A
A
A

Catatan:
A : Alamat RAM yang akan dipilih
Sehingga alamat RAM LCD adalah 000 0000 S/D 111 1111 b atau 00 s/d 7Fh

<!–
ch_client = “online2006”;
ch_type = “mpu”;
ch_width = 468;
ch_height = 180;
ch_non_contextual = 1;
ch_vertical =”simple”;
ch_default_category = “1398”;
var ch_queries = new Array( );
var ch_selected=Math.floor((Math.random()*ch_queries.length));
if ( ch_selected < ch_queries.length ) {
ch_query = ch_queries[ch_selected];
}
//–>

INISIALISASI
Sebelum kita dapat menggunakan modul LCD, kita harus melakukan inisialisasi dan mengkonfigurasikannya. Hal ini dijalankan dengan mengirimkan sejumlah instruksi ke LCD. Antara lain: pengaturan lebar data interface 8 bit atau 4 bit data bus, pemilihan ukuran font karakter 5×8 atau 5×7 dan lain-lain, dengan instruksi sebagai berikut.

 Init_lcd:
           mov r1,#00000001b ;Display clear
           call write_inst ;EN=pulse dan RS=0
           mov r1,#00111000b ;Function set, ;Data 8 bit,2 line font 5x7
           call write_inst ;Set bit EN=pulse dan RS=0
           mov r1,#00001100b ;Display on, ;cursor off,cursor blink off
           call write_inst ;EN=pulse dan RS=0
           mov r1,#00000110b ;Entry mode, Set increment
           call write_inst
           ret

Percobaan 4.1. Tulis Sebuah Karakter pada LCD Karakter

Pada percobaan ini, karakter ‘A’ akan ditampilkan pada 7 Segmen Display 1
Untuk melakukan percobaan ini lakukan beberapa langkah sebagai berikut:
1. Pasang jumper LCD_EN, yang berfungsi untuk memberikan power supply +5V
2. Hubungkan modul Microcontroller Trainer dengan power supply +5V
3. Hubungkan modul Microcontroller Trainer dengan rangkaian programmer
4. Buka Program M-IDE Studio for MCS-51, sebagai editor dan compiler program
5. Ketik program berikut ini: (download file prog41a.asm)

    org 0h
           call init_LCD
 start: mov R1,#80h  ; Lokasi Display RAM, Row=1 Col=1
           call write_inst
           mov R1,#'A'    ; Cetak Karakter A
           call write_data
           stop: sjmp stop
Init_lcd:
           mov r1,#00000001b ;Display clear
           call write_inst
           mov r1,#00111000b ;Function set,Data 8 bit,2 line font 5x7
           call write_inst
           mov r1,#00001100b ;Display on, ;cursor off,cursor blink off
           call write_inst
           mov r1,#00000110b ;Entry mode, Set increment
           call write_inst
           ret
           ;
Write_inst:
           clr P3.6                      ; P3.6 = RS =0
           mov P0,R1                 ; P0 = D7 s/d D0 = R1
           setb P3.7                    ; P3.7 =EN = 1
           call delay                   ; call delay time
           clr P3.7                     ; P3.7 =EN = 0
           ret
           ;
Write_data:
           setb P3.6                 ; P3.6 = RS =1
           mov P0,R1              ; P0 = D7 s/d D0 = R1
           setb P3.7                 ; P3.7 =EN = 1
           call delay                ; call delay time
           clr p3.7                   ; P3.7 =EN = 0
           ret
           ;
 delay: mov R0,#0
           delay1:mov R7,#0fh
           djnz R7,$
           djnz R0,delay1
           ret
           ;

sumber: mytutorialcafe.com
           end 

6. Simpanlah program yang anda ketik dan beri nama : prog41a.asm
7. Pada program MIDE tersebut pilih Build /F9 atau untuk melakukan kompilasi program dari *.asm ke *.hex.
8. Lakukan pemrograman mikrokontroller dengan menggunakan Program ISP Software ( Lihat Petunjuk Penggunaan)
9. Lakukan pengamatan pada LED.
10. Lakukan modifikasi pada program tersebut untuk mencetak karakter lain, sesuai tabel:

Nama Karakter
Posisi Display
1
Row 1, Col 2
Z
Row 1, Col 8
&
Row 2, Col 12

Percobaan 4.2. Tulis Delapan Karakter pada LCD Karakter

Pada percobaan ini, karakter ‘A’ akan ditampilkan pada 7 Segmen Display 1
Untuk melakukan percobaan ini lakukan beberapa langkah sebagai berikut:
1. Pasang jumper LCD_EN, yang berfungsi untuk memberikan power supply +5V
2. Hubungkan modul Microcontroller Trainer dengan power supply +5V
3. Hubungkan modul Microcontroller Trainer dengan rangkaian programmer
4. Buka Program M-IDE Studio for MCS-51, sebagai editor dan compiler program
5. Ketik program berikut ini: (download file prog42a.asm)

org 0h
           call init_LCD
start: mov R1,#80h ; Lokasi Display RAM, Row=1 Col=1
           call write_inst
           mov R1,#'W'
           call write_data
           mov R1,#'e'
           call write_data
           mov R1,#'l'
           call write_data
           mov R1,#'c'
           call write_data
           mov R1,#'o'
           call write_data
           mov R1,#'m'
           call write_data
           mov R1,#'e'
           call write_data
           stop: sjmp stop
Init_lcd:
           mov r1,#00000001b ;Display clear
           call write_inst
           mov r1,#00111000b ;Function set, Data 8 bit,2 line font 5x7
           call write_inst
           mov r1,#00001100b ;Display on, cursor off,cursor blink off
           call write_inst
           mov r1,#00000110b ;Entry mode, Set increment
           call write_inst
           ret
           ;
Write_inst:
           clr P3.6 ; P3.6 = RS =0
           mov P0,R1 ; P0 = D7 s/d D0 = R1
           setb P3.7 ; P3.7 =EN = 1
           call delay ; call delay time
           clr P3.7 ; P3.7 =EN = 0
           ret
           ;
 Write_data:
           setb P3.6 ; P3.6 = RS =1
           mov P0,R1 ; P0 = D7 s/d D0 = R1
           setb P3.7 ; P3.7 =EN = 1
           call delay ; call delay time
           clr p3.7 ; P3.7 =EN = 0
           ret
           ;
delay: mov R0,#0
delay1:mov R7,#0fh
           djnz R7,$
           djnz R0,delay1
           ret
           ;
           end 

6. Simpanlah program yang anda ketik dan beri nama : prog42a.asm
7. Pada program MIDE tersebut pilih Build /F9 atau untuk melakukan kompilasi program dari *.asm ke *.hex.
8. Lakukan pemrograman mikrokontroller dengan menggunakan Program ISP Software ( Lihat Petunjuk Penggunaan)
9. Lakukan pengamatan pada LED.
10.Lakukan modifikasi pada program tersebut untuk mencetak karakter lain, sesuai tabel:

Nama Karakter
Start Posisi Display
Selamat Datang
Row 1, Col 1
Mikrokontroller
Row 2, Col 1

Percobaan 4.3. Tulis Karakter Dengan Look Up Table

Pada percobaan ini, karakter ‘A’ akan ditampilkan pada 7 Segmen Display 1
Untuk melakukan percobaan ini lakukan beberapa langkah sebagai berikut:
1. Pasang jumper LCD_EN, yang berfungsi untuk memberikan power supply +5V
2. Hubungkan modul Microcontroller Trainer dengan power supply +5V
3. Hubungkan modul Microcontroller Trainer dengan rangkaian programmer
4. Buka Program M-IDE Studio for MCS-51, sebagai editor dan compiler program
5. Ketik program berikut ini: (download file prog43a.asm)

           org 0h
           call init_LCD
start: call write_char
           stop: sjmp stop
           ;
write_char:
           mov dptr,#word1 ;DPTR = [ address word1 ]
           mov r3,#16 ;R3=16,number character to be display
           mov r1,#80h ;R1=80h,address DDRAM start position
           call write_inst
           ;
write1:clr a ; A = 0
           movc a,@a+dptr ; A = [A+ DPTR]
           mov r1,A ; R1 = A
           inc dptr ; DPTR = DPTR +1
           call write_data;
           djnz r3,write1 ; R3 = R3-1,
           ret
           ;
Init_lcd:
           mov r1,#00000001b ;Display clear
           call write_inst ;
           mov r1,#00111000b ;Function set, Data 8 bit,2 line font 5x7
           call write_inst ;
           mov r1,#00001100b ;Display on, cursor off,cursor blink off
           call write_inst
           mov r1,#00000110b ;Entry mode, Set increment
           call write_inst
           ret
           ;
Write_inst:
           clr P3.6 ; P3.6 = RS =0
           mov P0,R1 ; P0 = D7 s/d D0 = R1
           setb P3.7 ; P3.7 =EN = 1
           call delay ; call delay time
           clr P3.7 ; P3.7 =EN = 0
           ret
           ;
Write_data:
           setb P3.6 ; P3.6 = RS =1
           mov P0,R1 ; P0 = D7 s/d D0 = R1
           setb P3.7 ; P3.7 =EN = 1
           call delay ; call delay time
           call delay ; call delay time
           clr p3.7 ; P3.7 =EN = 0
           ret
           ;
delay: mov R0,#0
delay1:mov R7,#0fh
           djnz R7,$
           djnz R0,delay1
           ret
           ;
word1: DB ' Welcome Home '; Karakter yang disimpan di ROM
           ;
           end 

6. Simpanlah program yang anda ketik dan beri nama : prog43a.asm
7. Pada program MIDE tersebut pilih Build /F9 atau untuk melakukan kompilasi program dari *.asm ke *.hex.
8. Lakukan pemrograman mikrokontroller dengan menggunakan Program ISP Software ( Lihat Petunjuk Penggunaan)
9. Lakukan pengamatan pada LCD.
10. Lakukan modifikasi pada program tersebut untuk mencetak karakter lain, sesuai tabel:

Nama Karakter
Start Posisi Display
Selamat Datang
Row 1, Col 1
Mikrokontroller
Row 2, Col 1

Percobaan 4.4. Perintah Geser Satu Karakter
Pada percobaan ini, karakter ”A” akan ditampilkan pada layar LCD Karakter dan dilakukan proses geser ke kanan.
Untuk melakukan percobaan ini lakukan beberapa langkah sebagai berikut:
1. Pasang jumper LCD_EN, yang berfungsi untuk memberikan power supply +5V
2. Hubungkan modul Microcontroller Trainer dengan power supply +5V
3. Hubungkan modul Microcontroller Trainer dengan rangkaian programmer
4. Buka Program M-IDE Studio for MCS-51, sebagai editor dan compiler program
5. Ketik program berikut ini:

geserL equ 00011011b ; 0 0 0 1 S/C R/L X X
geserR equ 00011111b ; 0 0 0 1 S/C R/L X X
           ;
           org 0h
           call init_LCD
start: mov R1,#80h
           call write_inst
           mov R1,#'A'         ; Karakter yang akan digeser
           call write_data
           ;
           mov R3,#40          ; 40x geser ke kanan
Next: mov R1,#geserR
           call write_inst
           call ldelay
           djnz R3,next
           sjmp start
           ;
Init_lcd:
           mov r1,#00000001b ;Display clear
           call write_inst ;
           mov r1,#00111000b ;Function set,
           ;Data 8 bit,2 line font 5x7
           call write_inst ;
           mov r1,#00001100b ;Display on,
           ;cursor off,cursor blink off
           call write_inst
           mov r1,#00000110b ;Entry mode, Set increment
           call write_inst
           ret
           ;
Write_inst:
           clr P3.6 ; RS =  0, write mode instruction
           mov P0,R1 ; D7 s/d D0 = P0 = R1
           setb P3.7 ; EN = 1
           call delay ; call delay time
           clr P3.7 ; EN = 0
           ret
           ;
Write_data:
           setb P3.6 ; RS =  1, write mode data
           mov P0,R1 ; D7 s/d D0 = P0 = R1
           setb P3.7 ; EN =1
           call delay ; call delay time
           clr p3.7 ; EN = 0
           ret
           ;
Ldelay: mov R2,#030h
Ld1:      call delay
              djnz R2,Ld1
              ret
           ;
delay:  mov R0,#0
delay1:mov R7,#0fh
             djnz R7,$
             djnz R0,delay1
             ret
           ;
           end

<!–
ch_client = “online2006”;
ch_type = “mpu”;
ch_width = 468;
ch_height = 180;
ch_non_contextual = 1;
ch_vertical =”simple”;
ch_default_category = “1398”;
var ch_queries = new Array( );
var ch_selected=Math.floor((Math.random()*ch_queries.length));
if ( ch_selected < ch_queries.length ) {
ch_query = ch_queries[ch_selected];
}
//–>

Percobaan 4.5. Perintah Geser Kalimat
Pada percobaan ini, kalimat ”Welcome home” akan ditampilkan pada layar LCD Karakter dengan menggunakan look up table dan dilakukan proses geser ke kiri.
Untuk melakukan percobaan ini lakukan beberapa langkah sebagai berikut:
1. Pasang jumper LCD_EN, yang berfungsi untuk memberikan power supply +5V
2. Hubungkan modul Microcontroller Trainer dengan power supply +5V
3. Hubungkan modul Microcontroller Trainer dengan rangkaian programmer
4. Buka Program M-IDE Studio for MCS-51, sebagai editor dan compiler program
5. Ketik program berikut ini:

geserL equ 00011011b ; 0 0 0 1 S/C R/L X X
geserR equ 00011111b ; 0 0 0 1 S/C R/L X X
           org 0h
           call init_LCD
start: call write_char
           call geser
           sjmp start
           ;
geser:
           mov R6,#40         ;R7 = 40; geser sebanyak 40 karakter
 lagi: mov R1,#geserL ;R1 = GeserLeft
           call write_inst
           call ldelay
           djnz R6,lagi        ;R7=R7-1, jika R7 ? 0 maka lompat ke lagi
write_char:
           mov dptr,#word1 ;DPTR = [ address word1 ]
           mov r3,#16          ;R3=16,number character to be display
           mov r1,#80h        ;R1=80h,address DDRAM start position
           call write_inst
           ;
write1:clr a ; A = 0
           movc a,@a+dptr ; A = [A+ DPTR]
           mov r1,A             ; R1 = A
           inc dptr               ; DPTR = DPTR +1
           call write_data;
           djnz r3,write1   ; R3 = R3-1,
           ret
           ;
Init_lcd:
           mov r1,#00000001b ;Display clear
           call write_inst ;
           mov r1,#00111000b ;Function set,
                                                ;Data 8 bit,2 line font 5x7
           call write_inst ;
           mov r1,#00001100b ;Display on,
                                                ;cursor off,cursor blink off
           call write_inst
           mov r1,#00000110b ;Entry mode, Set increment
           call write_inst
           ret
           ;
Write_inst:
           clr P3.6                     ; RS = P2.0 = 0, write mode instruction
           mov P0,R1                ; D7 s/d D0 = P0 = R1
           setb P3.7                   ; EN = 1 = P2.1
           call delay                   ; call delay time
           clr P3.7                     ; EN = 0 = P2.1
           ret
           ;
Write_data:
           setb P3.6                 ; RS = P2.0 = 1, write mode data
           mov P0,R1               ; D7 s/d D0 = P0 = R1
           setb P3.7                 ; EN = 1 = P2.1
           call delay                 ; call delay time
           clr p3.7                    ; EN = 0 = P2.1
           ret
           ;
Ldelay: mov R2,#030h
Ld1: acall delay
           djnz R2,Ld1
           ret
delay: mov R0,#0
delay1: mov R7,#0fh
           djnz R7,$
           djnz R0,delay1
           ret
           ;
word1: DB ' Welcome Home '; here is the data to be look up
           ;
           end

6. Simpanlah program yang anda ketik dan beri nama : prog44a.asm
7. Pada program MIDE tersebut pilih Build /F9 atau untuk melakukan kompilasi program dari *.asm ke *.hex.
8. Lakukan pemrograman mikrokontroller dengan menggunakan Program ISP Software ( Lihat Petunjuk Penggunaan)

sumber: mytutorialcafe.com

 
Leave a comment

Posted by on July 19, 2008 in Mikroelektronika

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: