RSS

7 Cara Menghargai Tubuh Anda

29 Jul

Jaman sekarang wanita dibombardir dengan berbagai produk kecantikan dan baju-baju seksi yang menampilkan lekuk-lekuk badan. Belum lagi iklan televisi yang mem-brainwash masyarakat tentang standar sebuah kecantikan, dan bahwa menjadi cantik itu hanyalah untuk dicintai dan dikejar-kejar oleh banyak laki-laki.

Serbuan ‘pesan’ tersebut, tanpa kita sadari, memaksa kita untuk mengubah diri kita menjadi imej yang diinginkan oleh pemasar dan menjadi sasaran empuk mesin pendulang uang. Kita seakan lupa hakekat dasar wanita dan lupa untuk bersyukur serta memaknai setiap anugrah yang diberikan oleh Tuhan kepada kita.

Masih menginginkan tubuh seperti Agnes Monica dan belum dapat melihat dimana letak kecantikan diri anda sendiri? Baca dan resapi artikel di bawah ini :

  1. Cari tahu rahasia kecantikan jiwa anda
    Banyak wanita terobsesi ingin memiliki tubuh seperti para model di majalah dan rela berpusing atau berlapar-lapar ria saat melakukan diet ketat. Sebenarnya, tanpa korset, software foto dan mungkin sedikit rekayasa DNA, anda tak mungkin mendapatkan tubuh seperti itu. Daripada anda memajang tubuh model dan mengganti wajah model tersebut dengan wajah anda, ada baiknya jika anda memajang foto-foto wanita yang berhasil di bidangnya seperti Hillary Clinton, atau memajang foto teman dan keluarga serta komentar mereka tentang anda.

    Jika anda bercermin, berhenti melihat kekurangan tubuh anda, namun perhatikan kelebihan tubuh anda. Berhenti mengkritik tubuh yang tidak anda sukai dan lihat baik-baik, apakah anda mengenali dari siapa bagian tubuh itu berasal? Dari nenek? Ataukah dari Ibu? Apakah mungkin anda tidak suka bentuk pinggang anda?

    Tahukah anda bahwa karena bentuk pinggang tersebut mereka dapat melahirkan anda ke dunia ini. Tubuh kita seperti sebuah album keluarga, yang diturunkan oleh nenek moyang kita. Dengan mengupayakan bentuk tubuh seperti itu, maka kita menghormati apa yang mereka berikan kepada kita.

  2. Cobalah Berpikir terbalik
    Bagi beberapa orang, mengontrol nafsu makan atau penampilan memberikan sensasi pengontrolan diri yang salah. Selama kita dapat berfokus untuk mengontrol diri kita, maka kita dapat melupakan fakta bahwa kita tidak bahagia.

    Perasaan yang ada di diri manusia ditimbulkan dari energi mengaliri tubuh kita. Menghentikan pola makan berarti menghentikan penciptaan energi tersebut yang membuat perasaan kita semakin ngga karuan. Anda harus mencoba untuk mengerti apa arti dari sebuah energi dan bagaimana energi dapat mempengaruhi diri anda.

    Daripada anda berpikir hal yang negatif tentang tubuh anda, alangkah lebih baik jika anda membawa diri anda terlibat secara emosional dan melakukan kegiatan seperti jalan-jalan, menulis apa yang anda rasakan, menyanyi, dan kegiatan-kegiatan lainnya yang dapat mengalirkan energi yang tertimbun di tubuh anda.

    Meskipun pada suatu saat anda merasa sangat sedih karena tertimpa suatu masalah, anda dapat menangis dan mengeluarkannya hingga kemudian anda dapat melanjutkan hidup. Makin anda menolak untuk mengakui kenyataan, makin anda terobsesi dengan makanan.

  3. Buatlah pikiran anda bekerja
    Bayangkan jika seluruh wanita memutuskan untuk membangun kekuatan mentalnya seperti memompa otot-otot keluar. Mungkin para wanita sudah memenuhi dunia bisnis, memperoleh gelar, berpergian dan menelurkan bakat-bakat baru. Dan bayangkan bagaimana dampaknya pada dunia, bila semua kaum hawa berhenti membelanjakan uangnya buat kebutuhan produk pelangsingan tubuh, operasi botox atau klinik kecantikan dan mulai menabung, berinvestasi pada banyak bidang atau menghabiskannya untuk petualangan yang tak terlupakan. Mungkin diet adalah upaya untuk menghilangkan peran perempuan di kancah dunia sehingga berbagai peran penting baik perekonomian atau bidang lainnya hanya dikuasai oleh para lelaki. Laki-laki berolahraga untuk menjadi lebih kuat dan lebih segar supaya dapat bekerja dengan lebih kuat, sedangkan wanita melakukan diet untuk menjadi semakin kecil dan membuat mereka hanya bisa kuat untuk berpikir tentang berapa kalori yang telah mereka konsumsi hari ini.

    Setiap wanita bertanggung jawab untuk menjaga dirinya dan ini berarti termasuk mengkonsumsi makanan yang sehat dan melakukan kegiatan yang bermanfaat untuk tubuh mereka. Jika anda tidak menghiraukan diri dan tubuh anda, berarti anda telah menyia-nyiakan anugrah yang diberikan Tuhan untuk anda.

  4. Jangan biarkan kritik menghantui anda
    Sering atau tidak, keluarga dan teman dapat menjadi sumber stress kita. Merekalah seringkali yang pertama mengkritik penampilan kita, atau memberitahu kalau kita lebih cantik jika kita 10 kg lebih kurus, bahkan memaksa kita untuk mengikuti bentuk ideal menurut mereka.

    Kadangkala mereka tidak menyadari kalau ini sangat menyakitkan dan dapat merusak, dimana seharusnya mereka membangun kepercayaan diri kita dan bukan menurunkannya. Mereka merasa bahwa mereka turut membantu dengan mengatakan hal seperti itu, tetapi sebenarnya tidak.

    Beritahu mereka bahwa anda tidak suka mereka mengatakan hal-hal seperti itu, dan beritahu bahwa anda terganggu dengan perkataan mereka. Memang susah untuk berterus terang kepada mereka untuk berhenti melakukan hal-hal yang anda tidak suka, tapi anda memiliki hak untuk mendapatkan ketenangan terhadap diri sendiri.

  5. Berhenti mengkritik penampilan wanita lain
    Kita, secara tidak sadar, seringkali juga menjadi kritisi yang sangat jahat. Mengkritik penampilan wanita lain akan membuat anda merasa terlihat tidak nyaman, selain juga membuat anda parno karena anda berpikir jika anda melakukan hal itu maka orang lain akan menilai penampilan anda juga.
    Mengkritik penampilan wanita lain akan membuat anda merasa terpisah dan juga merasa kalah. Mengapa tidak mencamkan pada diri sendiri bahwa wanita memiliki keunikan masing-masing? Anda mungkin memang tidak terlihat seperti model cover majalah tapi anda memiliki penampilan yang unik atau bahkan mungkin eksotis.

    Dan camkan pada diri anda bahwa tidak ada kompetisi yang dimenangkan dengan mengkritisi penampilan orang lain. Dengan menerima penampilan diri, maka kita dapat menghargai keunikan dan kecantikan tiap-tiap wanita seperti layaknya diri sendiri.

  6. Perhatikan kesehatan anda
    Ketika anda bercermin, pernahkah anda berpikir tentang kesehatan ginjal anda atau normalkah tekanan darah anda yang tersembunyi di balik tubuh yang mati-matian selalu ingin anda kecilkan ukurannya? Banyak iklan produk diet atau klinik kecantikan tidak membahas hal ini. Yang mereka pedulikan adalah penampilan luar dan bukan kesehatan anda.

    Jika anda mengurangi makan, maka anda mengurangi asupan energi yang diperlukan tubuh untuk bahan bakar ketika anda bekerja. Jika anda melakukannya secara terus menerus maka keseimbangan tubuh dapat terganggu dan endingnya anda akan sakit. Jika anda sakit maka selain mengeluarkan uang lebih banyak, usaha anda selama sekian tahun untuk memperoleh tubuh yang anda inginkan juga sia-sia bukan?

  7. Menjadi Gemuk bukan Gangguan
    Walaupun ada pendapat bahwa menjadi gemuk itu tidak sehat, itu tidak sepenuhnya benar. Selama anda tidak memiliki masalah kesehatan yang cukup mengkhawatirkan, dan anda selalu mengkonsumsi makanan sehat, berolah raga, tidur cukup dan selalu merasa segar, maka anda tidak berada dalam masalah yang besar.

    Menjadi gemuk bukan berarti anda menjadi monster, dan bukanlah akhir dari segalanya. Anda masih dapat menikmati indahnya langit, keluarga yang menyayangi anda, dan hidup dengan tubuh normal. Masih banyak yang kurang beruntung dibandingkan anda, yang berjuang dengan hidupnya hanya untuk mendapatkan sedikit makanan, dan rela menukar hidupnya dengan hidup anda.

    Jadi jangan nilai diri anda terlalu rendah, karena anda adalah wanita yang spesial yang diciptakan Tuhan yang tak ada duanya di dunia ini.

 
1 Comment

Posted by on July 29, 2008 in sex

 

One response to “7 Cara Menghargai Tubuh Anda

  1. infogue

    August 13, 2008 at 9:15 am

    Artikel di blog ini bagus-bagus dan berguna bagi para pembaca. Anda bisa lebih mempromosikan artikel Anda di infoGue.com dan jadikan artikel Anda Topik yang terbaik bagi para pembaca di seluruh Indonesia.Telah tersedia plugin / widget kirim artikel & vote yang ter-integrasi dengan instalasi mudah & singkat. Salam Blogger!

     

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: