RSS

Asimo = Dunia Masa Depan

23 Sep

ASIMO adalah robot humanoid yang dibuat oleh Honda. Dengan tinggi 130 cm dan berat 54 kg, penampilan robot ini menyerupai seorang astronot dengan baju astronotnya yang membawa ransel. ASIMO dapat berjalan dengan dua kaki dengan gaya berjalan yang menyerupai manusia hingga kecepatan 6 km/jam. ASIMO diciptakan pada Pusat Penelitian dan Pengembangan Honda Pusat Penelitian Teknik Fundamental Wako di jepang. Model yang sekarang merupakan versi sebelas, semenjak dimulainya proyek ASIMO pada 1986.

Menurut Honda, ASIMO (Advanced Step in Innovative MObility) adalah Langkah besar dalam pergerakan inovatif. Pernyataan resmi Honda tersebut bertentangan dengan persepsi umum yang mengira bahwa kata “ASIMO” berasal dari nama penemuTiga Hukum Robotik, Isaac Asimov. Selain itu, dalam bahasa Jepang, pelafalan “ashimo” bisa berarti “kaki juga” (dari bahasa Jepang).

ASIMO seperti anak kecil yang sedang membawa tas ransel yang besar. Ternyata tas ransel ini adalah baterai lithium ion yang berfungsi maksimal 1 jam apabila di charge selama 3 jam. Untuk mendeteksi power battery, dibagian bawah leher terdapat 3 lampu indikator (green = low batt, white = boot up complete, red = ready to walk. Dibagian bawah tas, terdapat 5 sensor ultrasonic untuk mendeteksi objek disekitar ASIMO dalam range 3 m. Ultrasonic sensor juga ada pada bagian perut atas ASIMO. Bagian torso, leher, kaki, dan tangan mempunyai joint yang membuat ASIMO bisa bergerak luwes bagaikan manusia. Bahkan ASIMO juga mempunyai jari-jari yang membuat dia bisa memegang objek dengan berat maksimal 1 kg. ASIMO mempunyai tiga microphone dan dua camera di bagian kepala, yang berfungsi sebagai telinga dan mata.

Asimo generasi ke dua telah di pamerkan pada bulan september tahun 2007 lalu di barcelona, spanyol. Spesifikasi dari asimo generasi ke dua. Kecepatan lari 6 km/jam (yang terdahulu 3 km/jam. Kecepatan jalan normal 2,7 km/jam (yang terdahulu 2,5 km/jam).Kecepatan jalan ambil membawa benda 1,6 km/jam. kecepatan lari memutar 5 km/jam. tinggi 130 cm. berat 54kg. Asimo versi ke dua mampu mendorong kereta dorong ( Troli). Ia bisa mengatur jarak tubuh dengan kereta dorongnya, dan mengatur tenaga di di kedua lengannya untuk melakukan dorongan dengan sensor yang ada di pergelangan. dan Asimo versi ke dua ini dapat melakukan beberapa pekerjaan seperti menjadi resepsionis.

kehebatan para ilmuan Honda emang udah gak diragukan lagi,😀 yeaaaaahhhhhhhhhh kita tunggu inovasi-inovasi yang lainnya…

kalian emang yang terbaik……..

 
Leave a comment

Posted by on September 23, 2008 in news of sains and tecnology

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: